KOMPLIKASI YANG AKAN TERJADI PADA PENDERITA HIPERTENSI

KOMPLIKASI YANG AKAN TERJADI PADA PENDERITA HIPERTENSI

KOMPLIKASI YANG AKAN TERJADI PADA PENDERITA HIPERTENSI

KOMPLIKASI YANG AKAN TERJADI PADA PENDERITA HIPERTENSI – Hipertensi atau biasa yang disebut darah tinggi merupakan kondisi dimana menaiknya tekanan darah dalam tubuh yang melebihi kadar normal.

Resiko yang didapatkan saat seseorang dinyatakan hipertensi ialah rentannya terhadap komplikasi penyakit yang lain. Karena tekanan darah tinggi sangat berpengaruh terhadap kerja seluruh organ tubuh karena menimbulkan gangguan pada saluran pembuluh darah.

KOMPLIKASI YANG DIAKIBATKAN HIPERTENSI

Tahukah anda tekanan darah yang dimiliki saat ini? Rutin cek lah ke dokter agar anda dapat mendiagnosis sendiri tekanan darah anda apakah normal atau terlalu tinggi.

Perlu anda ketahui juga tensi atau tekanan darah yang normal adalah 120/80 mmHg jadi jika tekanan anda melebihi normal, sudah pasti anda dinyatakan mengalami darah tinggi.

Inilah resiko komplikasi hipertensi yang akan muncul karena darah tinggi, diantaranya berikut ini :

  1. Stroke

Stroke merupakan kondisi dimana sebagian anggota tubuh mengalami mata rasa seperti pada kaki, tangan, wajah  dan yang lainnya. Kondisi ini disebabkan karena tidak berfungsinya jaringan otak sehingga darah dan oksigen yang mengalir ke otak tersumbat. Sumbatan inilah yang terjadi karena adanya tekanan darah yang naik atau hipertensi.

  1. Gagal ginjal

Ketka ginjal mengalami gangguan ini akan mempengaruhi fungsi ginjal itu sendiri yaitu kinerja tubuh dalam mencuci darah. Gagal ginjal disebabka karena dehidrasi, diabetes dan hipertensi.

Oleh karena itu sangat beresiko bagi yang menderita hipertensi kemungkinan besar akan mengalami gagal ginjal.

  1. Gangguan Jantung

Gangguan jantung bisa berupa gagal jantung ataupun serangan jantung, dimana kondisi jantung mengalami pengerasan dan penebalan di sekitar arteri sehingga jantung tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup.

  1. Aneurisma

Terdapat dua macam aneurisma yaitu aneurisma otak dan aorta. Kedua macam aneurisma ini terjadi karena adanya penonjolan pada sistem pembuluh darah seperti balon yang apabila pecah akan mengalami pendarahan dalam yang berbahaya dan bisa menimbulkan kematian.

Salah satu penyebab dari aneurisma yaitu hipertensi karena adanya pembuluh darahyang tersumbat sehingga mengalami pengerasan dan penebalan.

  1. Terjadi masalah pada mata

Retina terdapat dibelakang mata yang merupakan pembuluh darah yang akan mengubah cahaya menjadi sinyal saraf lalu akan dikiirmkan ke otak, jika tekanan darah tinggi menaik maka pembuluh darah retina akan mengalami penyempitan sehingga akan membatasi darah untuk masuk ke retina.

Dan akhirnya mata akan mengalami penglihatan yang kabur  bahkan mengalami kebutaan.

  1. Demensia

Hipertensi dapat menyerang juga pada kalangan muda, dimana kondisi tekanan darah yang tinggi akan merusak sel sel yang ada di otak yang lama kelamaa akan mengalami demensia dan gangguan kognitif.

KOMPLIKASI YANG AKAN TERJADI PADA PENDERITA HIPERTENSI

Sudah jelas hipertensi bukanlah penyakit tungga, tapi penyakit yang dapat mengundang penyakit yang lebih berbahaya yang dapat menimbulkan resiko yang sangat buruk bahkan sampai pada kematian.

Terus cek rutin hipertensi anda agar, agar saat anda mengetahui sedang mengalami darah tinggi segera melakukan pencegahan dan peredaman tekanan. Dan 6 resiko komplikasi penyakit diatas tidak sempat hadir dan memperburuk keadaan.

TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT

POST BY : KOMPLIKASI YANG AKAN TERJADI PADA PENDERITA HIPERTENSIOBAT DARAH TINGGI ALAMI DAN AMAN

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*